Skip to main content

Aku Pulang

Terkait dengan hal-hal yang selalu mengingatkanku akan rumah, salah satunya ya ini, kuliner. Iya sih di Jogja banyak wisata kuliner, tapi aku kan bukan Pak Bondan yang dibayar untuk mencicipi berbagai macam kuliner sepuasnya. Tidak ada sponsor buatku rek.
Jadi gini, pertama, aku kan suka sama bubur kacang ijo. Nah, di Jogja, aku tuh seriiing ngidam bubur kacang ijo. Di sana banyak warung makan –semacam warungnya Nyi Fir gitu, namanya “burjo”. Firasatku, burjo itu akronim dari bubur kacang ijo,
soalnya ya emang burjo-burjo jual bubur kacang ijo. Aku seneng banget nemu bubur kacang ijo di sana. Aku langsung beli tu. Pertama kali sih kesannya gak enak, mahal, dan gak manis. Terus aku nyoba bubur kacang ijo dari burjo satu ke burjo yang lain, bahkan sampe penjual bubur kacang ijo keliling. Soal harga yang bervariasi dan agak mahal wajar lah ya soalnya kan di kota. Tapi ternyata setelah aku telusuri, bubur kacang ijo di burjo itu cuma sebagai formalitas! Itu tu cuma sebagai sampingan mereka jualan nasi dan lauk!  Sebanyak itu, ngga ada yang bisa memuaskan lidahku. Kurang manis, kurang kentel, santennya terlalu encer, kacang ijonya masih keras, kebanyakan air, ketan itemnya jelek, ga dikasih es batu, penjualnya kurang tulus, orangnya gak ramah, dan adaaa aja pokoknya. Terus aku bengong, sedih. Inget bubur kacang ijonya Mak Tun, Mbak (kalo Mbak Ani baca). Di sini Rp500,- udah kenyang, manis, dikasih es, rasanya pas, dan kadang digratisi lagi sama Mak Tun. Inget dulu waktu MI kalo belajar kelompok di meja bundar (belakang MTs, kawasannya Mbak Ani, Indah atau Unah), snacknya bubur kacang ijo buatan Mak Tun. Bahkan sampe lulus Aliyah, waktu masih dagdigdug nunggu kejelasan status juga masih sering pesen bubur kacang ijo. Terakhir kali makan bubur kacang ijo Mak Tun itu pas libur semester kemarin. Dan sekarang aku pengen lagi...
Kedua, pepaya, pisang, dan jeruk Medan. Tiga buah spesial yang terukir di hatiku. Sekarang aku lupa kapan terakhir kali makan pepaya, hiks... hiks...
Pisang, banyak sih pisang, tapi di sana aku jarang makan pisang, soalnya sering sariawan. Tau kan rasanya makan pisang waktu sariawan? Kayak makan kulit durrrreeeen!
Abis itu kalo sariawan begitu tuh selalu inget jeruk Medan. Pengen beli, tapi tu susah juga nyari jeruk Medan di pasar yang deket pondok. Terus, masa tiap pengen jeruk Medan harus beli, lha kayak udah mapan aja hidupku. Mana tirakatnya??? (nggaya :-P). Terakhir kali makan jeruk Medan itu kemarin pasca erupsi Kelud. Ada temenku namanya Kartina, dia orang Medan. Waktu ke Jogja dia bawa jeruk Medan (jeruknya masih ada bekas abu Sinabungnya lho, jadi itu bener-bener asli dari Medan). Aku dikasih satu, tapi kurang, jadi minta satu lagi deh, hehe. Jadi inget waktu di MA, dulu Rini pernah ngasih jeruk Medan waktu aku lagi sariawan berat. Terus, sering juga dapet jeruk Medan kalo tetangga-tetangga pulang dari Jakarta. Yah, bengong lagi, kangen rumah.
            Ketiga, sosis dan donat. Sulit menemukan sosis harga Rp500,-an. Ada mungkin di sekolah-sekolah. Pernah juga nemu di sunmor, tapi harganya Rp600-an. Ya gimana ya, gak sreg aja gitu. Masa’ pake ngganjel sih seratusnya. Ada juga di kantin, udah ditusuk dan digoreng, isinya tiga, setusuk itu harganya Rp4000,- kalo ga salah. Hah? Kebanyakan ngambil untungnya itu Bu! (seruku dalam hati).
Tapi ada temenku namanya Ari, cewek, orang Jogja, baik banget. Aku pernah dibawain sekotak makan sosis ke kampus, lengkap sama saosnya. Enak to? Alhamdulillah ya...
Terakhir donat. Ya ampun Mbak Puput (kalo mbak Puput baca), aku kangen banget sama donatnya Bu Atin. Di sana ada donat enak mbak, tapi harga per buahnya Rp34.000,- gimana? Aku sih langsung kenyang lihat harganya, jadi gak usah beli. Ada juga yang murah, dari mulai Rp500,- sampai Rp5000,- tapi lagi-lagi gak bisa memuaskan lidahku Mbak. Kurang manis, rotinya keras, mesesnya abal-abal, rotinya sedikit, teksturnya gak lembut, anyep, bikinnya gak pake perasaan, penjualnya cuek, dan adaaa aja pokoknya. Huft! Kalo di sini kan bisa makan donat enak dan gratis lewat mbak Puput.
            Itulah sebagian kecil alasan mengapa kemarin aku tiba-tiba pulang. Mungkin aku homesick. Home-rumah, sick-sakit. Aku sakit rumah.
Makasih buat kalian yang sudah sangat perhatian menanyakan keadaanku,
 #akurapopo.
Mohon doanya ya ^_^
(diposting di fesbuk as a note)

Comments

Most read

Di Balik Bait yang Menyentuh Hati 2

Kali ini tentang cinta. Cerdasnya itu orang yang bisa menghubung-hubungkan bait-bait alfiyah dengan cinta. Mewakili kegamanganku pula isinya. Wes jannn... santri Sarang!!! Ini saya beri sedikit tambahan kata-kata dari saya. Meskipun begitu, ide pokoknya tetap dari teman saya itu. Sayangnya, sepertinya ada yang terdistorsi karena keteledoran saya. Mau nyari lagi ketemunya lama... Ah, ya udah ini dulu ya ^_^ "Faqod yakunaani munakkaroini, kama yakunaani mu'arrofaini” "Alfiyah Ibnu Malik bab Atof bait 537" Terkadang pasangan suami istri itu ditemukan secara kebetulan sama tidak mengenalnya, dan terkadang keduanya sudah mengenal sejak kecil. Menikah adalah saat dimana ketidaksempurnaan bukan masalah yang dipermasalahkan Saat dimana ketulusan diikatkan sebagai senyum kasih Saat dimana kesendirian dicampakkan sebagai kebersamaan Saat dimana kesetiaan harga mati yang tak bisa dilelang Gadis perawan bagaikan penghalang dan satir bagi laki-laki yang